Rabu, 14 Desember 2011

Simulasi Banjir Besar di Sungai Ciliwung

Liputan6.com, Jakarta: Cuaca ekstrem dan hujan deras selama tiga jam mengakibatkan permukaan air Sungai Ciliwung, Cawang, Jakarta Timur, meluap. Warga yang tinggal di kawasan bantaran kali resah, karena air mulai memasuki rumah mereka. Beberapa orang terlihat tersapu derasnya aliran sungai.

Teriakan panik terdengar di mana-mana. Tim penolong pun dengan sigap berusaha menyelamatkan mereka semua. Sayang, terdapat satu korban yang meninggal dunia.

Kejadian tersebut merupakan simulasi yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kamis (15/12) pagi. Ini bertujuan mengantisipasi tingginya curah hujan yang diprediksi terjadi Januari dan Februari mendatang. Warga setempat mengaku senang dilibatkan dalam kegiatan ini.

"Hari ini kita melakukan gladi lapangan. Ini bukan satu-satunya. Kita akan melakukan di tempat lain yang rawan banjir," ucap Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

Sementara itu untuk mencegah banjir rob, Pemprov DKI membuat skematik khusus guna menghadang luberan air laut. Diperkirakan biaya pembangunan tanggul di pesisir Jakarta Utara tersebut memakan dana hingga Rp 50 triliun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar